Daftar download

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

daftar download

Menu

Labels

RSS

Pisang Sale Goreng "Bu Hj. Ni'mah"


Waktu aku ada tugas membuat matrik Business Portofolio  Manajemen untuk mata kuliah Manajemen Strategi, kelompokku mengadakan penelitian pada perusahaan home industry. Nah untuk itu kami langsung aja mendatangi rumah Pak H. Lutfi karena beliau sendiri sebagai pemilik dari usaha yang kami teliti yaitu pisang sale goreng. Jadi tulisanku ini bukan karangan semata tetapi ini berdasarkan sumbernya langsung hehehe..............
Kita pasti tau apa itu "SALE" baik masih dalam bentuk mentah maupun dalam bentuk sudah digoreng. Makanan khas Banyuwangi ini sangat dikenal oleh masyarakat luas baik lokal maupun luar kota. Namun yang akan aku bahas kali ini bukan makanannya tetapi profil usaha/perjalanan pemilik usaha dalam merintis usaha Pisang Sale Goreng "Bu Hj. Ni'mah" tersebut.  
Perusahaan Pisang Sale Goreng “BU Hj. NI’MAH”  bergerak dibidang home industry, yang mulai berdiri sekitar  tahun 1995. Perusahaan  pisang sale goreng “BU Hj. NI’MAH”  berada di wilayah Cangkring, Rogojampi - Banyuwangi, dengan alamat Jl. Songgon Dsn Cangkring Pengatigan RT 01 RW 01 Rogojampi - Banyuwangi dengan Dep.kes.PIRT. 214351001480. Industri ini dikelola sendiri oleh keluarga Bpk H. Lutfi Rahman dan almarhumah istrinya beserta anak-anaknya. Ide dari penamaan pisang sale goreng “Bu Hj. Ni’mah” ini karena istri Pak H. Lutfi yang bernama Hj. Ni’mah sendirilah sebagai pencetus dari usaha ini. Sehingga namanya digunakan sebagai nama usaha ini untuk mengenang almarhumah Bu Hj. Ni’mah. Pada awalnya usaha ini  berdiri karena iseng belaka dan sistem pemasarannya dititipkan ke toko atau warung-warung di sekitar rumah pemilik. Kemudian setiap menjelang hari besar seperti hari raya idul fitri pesanan demi pesanan mulai berdatangan.
Dengan adanya banyak pesanan tersebut, produk ini mulai dikenal dari mulut ke mulut sehingga pesanan mulai mengalami peningkatan. Ada dua macam jenis pisang yang digunakan untuk membuat pisang sale goreng ini yaitu pisang Ambon dan pisang Berlin. Beberapa tahun kemudian, permintaan pasar semakin tinggi sehingga pak H. Lutfi  mulai   “ kuwalahan “ menjalankan usahanya yang dimulai dari pengadaan pisang, pengupasan pisang, penjemuran, pengadonan, penggorengan, hingga ke tangan konsumen.
Tahun 2009-2010 usaha Pak H. Lutfi menjangkau diantaranya wilayah Rogojampi dan sekitarnya serta wilayah Banyuwangi dan sekitarnya. Tepatnya antara tahun 2009-2010 ini juga Pak H. Lutfi bertemu dengan temannya. Lewat temannya ini pula pak H. Lutfi mempunyai pelanggan atau konsumen tetap hingga sekarang. Setelah mengusai pasar, pada tahun 2011 hingga awal tahun 2012 maka pemasaran diperluas hingga Jember, Situbondo, Malang, Bali dan Surabaya. Pada tahun 2011 perluasan wilayah jangkauannya diantaranya untuk wilayah Banyuwangi,  Jember, Situbondo dan Malang. Awal tahun 2012 sampai saat ini, dapat menguasai pasar sampai wilayah Surabaya hingga Bali. 
Kalau anda sekalian berminat, bukan promosi sih hehehehe......datangi aja rumah pak H. Lutfi di alamat yang sudah saya sebutin diatas tadi. Bagi anda yang berasal dari luar kota, barangkali pada saat maen atau wisata bahkan pas acara mudik jangan lupa beli oleh-oleh khas Banyuwangi ini. Jika anda sekalian enggan datang kerumah pak H. Lutfi,  jangan kuatir jajanan pisang sale goreng tersebut juga tersedia di toko Pelangi Sari, Timbul Jaya, dll. Semoga info ini bermanfaat , see you guys and enjoy it...................

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar